Translate

Home » , , , , » Saya Hafal Do'a Iftitah, Hanya Ketika BUTUH saja!

Saya Hafal Do'a Iftitah, Hanya Ketika BUTUH saja!

Ini adalah salah satu kasus yang tengah dihadapi oleh remaja muslim zaman sekarang. HAFAL DO'A IFTITAH. Sudahkah pembaca hafal do'a tersebut? Saya harap demikian. Kasus ini tidak hanya melanda sekolah formal. Yang tak disangka-sangka kasus ini juga sudah merebak sampai lingkungan pesantren! Pesantren yang seharusnya berisi muslim-muslim terdidik justru tidak hafal do'a iftitah. Bagaimana bisa?
Sebelum membahas faktor-faktor yang menyebabkan remaja muslim kurang hafal do'a iftitah, pertama kita definisikan dulu apa do'a ifittah itu. Do'a iftitah adalah adalah do'a yang dibaca setelah melakukan takbirotul ihrom dan sebelum membaca Surat Al-Fatihah dalam sholat fardlu. Salah satu faktor yang menyebabkan muslim zaman sekarang kebanyakan tidak hafal do'a iftitah adalah HUKUM MEMBACA DO'A IFTITAH ADALAH SUNNAH. Mereka sering berpikir bahwa sunnah sebaiknya tak dilakukan tak apa-apa. Toh tak berdosa. Kadang juga banyak orang memilih tak menghafalkan do'a iftitah karena bukanlah amalan wajib dalam sholat. Padahal pendapat yang seperti ini adalah SALAH BESAR! Sunnah justru sebaiknya dilakukan karena kita dapat memperoleh pahala. Ditambah lagi amalan sunnah seperti membaca do'a iftitah ini merupakan amalan yang disukai oleh Allah SWT. Ya toh?! Ayo... siapa mau menyangkal?
Dilanjutkan dengan faktor kedua yaitu TERBURU-BURU. Kesibukan yang menumpuk membuat sholat menjadi terburu-buru dan tentu saja amalan sunnah seperti DO'A IFTITAH tak dilakukan. Hal ini juga bisa menyebabkan orang yang sebenarnya sudah hafal do'a iftitah menjadi melupakannya dikarenakan faktor JARANG DIBACA. Apa pembaca ada yang merasa seperti itu? Padahal, jika Anda sibuk, tapi dalam sholat Anda masih sempat membaca do'a iftitah, Insya Allah, Allah akan meringankan kesibukan Anda. Sungguh! :)
Hal seperti ini bisa terbukti ketika ada tes menghafal do'a iftitah di sekolah. 80% dari mereka harus menghafal penuh atau sama seperti menghafal ulang do'a iftitah. Kalau SD kelas 1 atau 2 sih masih bisa maklum. Tapi kalau yang kelas 3 keatas? Atau bahkan yang sudah duduk di kursi Tsanawiyah? Subhanallah.... SUNGGUH TERLALU!
Sebenarnya menghafal do'a iftitah sama sekali tidak rugi! Yang rugi justru Anda yang tidak hafal do'a ini. Kalau hafal, Anda dapat pahala, disenangi Allah, dan masih banyak lagi keni'matan yang akan Anda dapatkan. Jadi, tanamkan pada diri Anda kalimat ini! "GUE REMAJA MUSLIM. MASA' GUE GAK HAFAL DO'A IFTITAH?" atau yang lebih norak, "HARE GENE GAK HAFAL DO'A IFTITAH?? EWW.... KAM-SE-U-PAY!"
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar